8 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Beli Apartemen

8 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Beli Apartemen

Dari dulu hingga sekarang tiga tip utama untuk membeli properti ataupun apartemen sebenarnya tetap sama: Lokasi, lokasi, dan lokasi. Namun seiring dengan kian melambungnya nilai properti di pusat maka dimaklumi bila kini Anda mencari alternatif di area suburban. Apartemen Ciputat – The Spring Reidences menjadi pilihan yang tepat untuk ini.

Tapi, wilayah luar pusat kota pun kini juga banyak diincar lho lantaran pemerintah sekarang telah memberikan akses tol atau transportasi publik yang semakin banyak dan modern. Nah sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada satu apartemen, simak dulu rangkaian tip berikut ini, dan, ya, lokasi pun masih menentukan.

1. Tentukan Lokasi Di Mana Anda akan Beli Apartemen.
Well, jelas ini jadi prioritas ya, dan yang pasti mesti dekat jaraknya ke kantor Anda supaya tak boros ongkos transportasi. Semisal Anda berkantor di daerah Rawamangun maka carilah apartemen sekitar wilayah Jakarta Timur, atau bila kegiatan bisnis Anda di sekitar TB Simatupang maka pilihlah hunian di sekitaran Jakarta Selatan.

2. Lakukan Riset Sebelum Beli.
Daripada hanya menggantungkan sumber informasi dari situs properti atau sales agent, carilah juga sumber dari agen properti eksternal, komunitas pemilik apartemen hingga data tentang pengembangnya yang bisa Anda dapatkan dengan browsing secara intensif di internet. Cek juga laporan penjualan sebagai komparasi akan nilai jual apartemen yang Anda taksir serta apakah tanah yang digunakan merupakan milik sendiri atau bersertifikat Hak Guna Bangunan (kemungkinan besar adalah yang terakhir).

3. Cek Fasilitas yang Ditawarkan
Meskipun apartemen yang Anda cari mungkin lokasinya agak jauh dari pusat kota namun setidaknya mesti memiliki beberapa fasilitas penting berikut ini: pusat belanja, tempat makan, stasiun kereta atau halte Transjakarta, sekolah, rumah sakit, area parkir, dan laundry service. Fasilitas seperti kolam renang atau gym merupakan bonus.

4. Pertimbangkan Faktor Kebisingan
Yang berarti seberapa jauhkah lokasi apartemen dari jalan raya, atau apakah dekat dengan klub malam atau kafe yang rutin mengadakan live music. Namun ini sebenarnya bisa diatasi dengan memilih unit apartemen di nomor lantai yang terhitung tinggi. Yang harus diketahui juga: di lantai teratas unit akan lebih mahal bila menghadap ke luar (yang berarti menawarkan “pemandangan”), dan di lantai terendah (lantai 10 ke bawah) unit bisa lebih mahal bila menghadap ke dalam (ke arah kolam renang misalnya).

5. Tentukan Arah Pandang Anda
Apakah unit incaran memiliki balkon supaya Anda bisa menikmati pemandangan atau cahaya matahari entah di pagi atau sore hari? Atau malahan kehalangan oleh tower lainnya atau gedung perkantoran? A little tip: pilihlah apartemen agak di atas yang menghadap Timur karena Anda akan mendapatkan cahaya yang lebih bersahabat dan tidak bakalan tersorot oleh cahaya siang yang terik. Plus: tagihan listrik pun tidak terlalu mahal karena apartemen Anda mengandalkan pencahayaan alami di siang hari.

6. Tanya Tentang Biaya Bulanan
Atau yang disebut maintenance charge, yang biasanya digabung ke tagihan listrik dan air bulanan. Apakah tagihan tersebut sudah termasuk untuk keamanan, pengangkutan sampah, dan biaya parkir (yang lebih sering terpisah).

7. Faktor Keamanan
Tanyakan berapa banyak CCTV yang terpasang di sekitar apartemen? Atau Anda juga bisa melakukan “investigasi” sendiri dengan masuk secara diam-diam untuk mengetahui apakah petugas keamanan akan menghampiri Anda atau tidak.

8. Kemudahan Memarkir Kendaraan
Menggunakan transportasi publik yang layak seperti Commuter Line atau Transjakarta memang lebih disarankan untuk meringankan kemacetan Ibukota, tapi tak dimungkiri memiliki kendaraan—entah itu mobil atau motor—juga penting apalagi kalau Anda berkeluarga, dan memunyai space parkir khusus jelas jadi salah satu prioritas saat mencari apartemen (kalau tidak Anda mesti memarkir kendaraan di pinggir jalan yang berisiko). Cari tahu apakah apartemen incaran Anda punya area parkir yang luas? Dan apakah termasuk underground parking? Lantas tanyalah biaya yang mesti ditanggung Apartemen Ciputat – The Spring Residences memiliki lahan parkir yang cukup luas.