Begini Cara Buat Ruang Apartemen Anda Jadi Lebih Leluasa!

Begini Cara Buat Ruang Apartemen Anda Jadi Lebih Leluasa!

So, Anda tengah dalam proses membeli unit apartemen tapi mendadak Anda berpikir dua kali. Alasannya: takut kekurangan space apalagi ada kemungkinan tak lama lagi Anda akan berkeluarga, meskipun Anda mengambil unit yang terbesar sekalipun.
Sama seperti kaum urban lainnya, keterbatasan ruangan memang jadi kekhawatiran utama terkait memiliki apartemen dibandingkan rumah. Well, dengan mengetahui trik desain interior yang ampuh masalah tersebut bisa gampang diatasi—dan tak perlu menyewa desainer interior! Bila Anda tak mau mengeluarkan biaya tambahan untuk mempercantik unit, sebaiknya Anda “cicil” saja perlahan-lahan sembari bolak-balik ke furniture store favorit Anda.
But first, simak dulu lima tip berikut ini:
1.    Make it a Double (or a Triple)
Kita sudah terbiasa memilih furniture yang hanya memiliki satu fungsi tapi kenapa tidak memaksimalkan ukurannya supaya bisa berperan ganda? Contoh: bagian bawah kursi dan sofa ruang tamu Anda bisa difungsikan juga jadi rak buku/majalah yang sifatnya terbuka, atau Anda bisa membuatnya tertutup seperti laci. Sama halnya dengan ranjang tempat tidur: buatlah jadi double bed di bawahnya atau tipe bunk bed (ranjang bersusun) di kamar anak-anak/guest room. Intinya: maksimalkan segala furniture Anda untuk meminimalisir clutter yang akan membuat ruangan jadi tampak penuh.

2.    Visual Trick
Mungkin sudah sering Anda dengar tip soal penerapan dinding cermin untuk memberi kesan luas pada ruangan. Well, sebetulnya tak mesti melulu satu dinding (ataupun setengah) Anda tempel dengan cermin sih; selain berpotensi menimbulkan kesan creepy kalau Anda bangun tengah malam tapi pemakaian cermin terlalu banyak bisa berbahaya karena sifatnya yang rentan remuk atau pecah bila tersenggol atau tersikut (apalagi bila Anda punya anak yang masih kecil). A more creative way: pasang cermin di pintu lemari rak dapur, atau beberapa cermin berbingkai di satu area dinding supaya terlihat sedikit “artistik”. Selain cermin, Anda juga bisa menggunakan furniture berbahan kaca atau plastik yang tembus pandang, atau memasang tirai dengan panjang dari langit-langit hingga lantai untuk menciptakan kesan ekspansif. (Bila jendela terlalu kecil tirai ini bisa dipasang di pintu kaca ke balkon.)

3.    Think Big
Ada asumsi kalau soal memilih perabotan untuk apartemen mesti yang berukuran kecil. It’s correct, tapi boleh saja kok memfavoritkan yang berukuran besar (seperti tempat tidur, meja atau lemari) untuk menciptakan ilusi ruangan yang luas atau besar, asalkan Anda tidak berlebihan mengisi satu ruangan dengan perabotan tak penting lainnya. Just keep it simple.

4.    Rancang Perabotan Sendiri
Yup, dengan merancang perabotan sendiri Anda bisa menyesuaikannya dengan space yang Anda miliki, semisal meja (entah itu meja makan, dapur hingga kerja) yang menempel ke dinding; tempat tidur yang bisa dilipat ke dalam lemari (yang sebetulnya merupakan konsep lama); ambalan kayu sebagai rak buku atau pajangan yang menempel ke dinding; dan lemari dapur yang panjangnya didesain hingga menempel ke langit-langit yang tak hanya bisa menampung lebih banyak peralatan dapur tapi juga akan menciptakan kesan tinggi.

5 Find Out More.    Pilih Nuansa Warna yang Cerah dan Bersahabat
Ini juga trik lama tapi yang memang senantiasa efektif. Intinya: warna gelap akan membuat ruangan terasa sempit, sementara yang cerah menciptakan kesan luas. “Untuk apartemen sebaiknya pilih warna dinding seperti putih, krem atau abu-abu,” ungkap Ary Juwono, Desainer Interior dan Pendiri A2J Design. “Seandainya tetap ingin yang berwarna seperti biru atau cokelat maka pilihlah yang cerah.”

6.    Ganti atau Hilangkan Elemen
Bila Anda merasa tak memerlukan kamar tambahan, maka bongkar saja dindingnya supaya Anda memiliki ruang tamu lebih luas (atau bisa juga jadi entertainment room), atau ganti pintu kayu ke balkon atau ke kamar mandi dengan pintu kaca untuk mengurangi elemen pembatas pada ruangan unit Anda.

7.    Tentukan Ruangan Andalan
Bila bujet terbatas tak perlu pusing membuat SEMUA ruangan jadi tampak luas dan luks—fokus saja dulu pada satu ruangan sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran Anda. “Semisal bila Anda ingin fokus ke ruang tamu maka Anda bisa menggunakan materi yang bagus untuk menciptakan kesan mewah, atau bisa untuk finishing-nya saja,” imbuh Ary. “Atau bisa juga di area dapur dengan melapisi  permukaan meja dapur dengan marmer.” Anda bisa juga merancang satu space non primer—seperti lorong atau area kecil di antara kamar tidur yang biasa dipakai untuk menempatkan kulkas—dengan wallpaper, rak buku atau lukisan dan artwork lainnya untuk memberikan sedikit sentuhan mewah pada apartemen Anda.